Mengenal Lebih Dekat Soal Electronic Stability Control (ESC) Pada All New Fortuner




 

Teknologi-teknologi canggih kini sudah mulai diterapkan pada mobil produksi Toyota, hal ini pun dilakukan untuk semakin meningkatkan jaminan keselamatan dalam berkendara.

Nah, bagaimana dengan mobil terbaru Toyota All New Fortuner yang baru diluncurkan Januari lalu?

Ternyata generasi terbaru Fortuner ini tak ketinggalan untuk disematkan berbagai jenis teknologi canggih untuk menunjang performa si mobil.

Salah satunya adalah Electronic Stability Control (ESC), Anda mungkin masih asing dengan fitur yang satu ini.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai Electronic Stability Control (ESC) pada All New Fortuner.

Electronic Stability Control(ESC) atau disebut juga Vehicle Stability Control(VSC) merupakan salah satu safety sistem pada mobil modern seperti Fortuner.

Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk meningkatkan performa Fortuner serta mencegah terjadinya kecelakaan pada lintasan yang sulit seperti tikungan yang tajam dan jalan yang licin hingga ketika terjadi pengereman yang mendadak.

Secara umum, fitur ini lebih ditujukan untuk menstabilkan kendaraan dengan memberikan yaw moment yang diperoleh dari rem pada setiap roda dan menyesuaikan arah roda sesuai arah yang Anda inginkan.

Mobil yang Anda kendarai mungkin saja bergerak tidak sama persis dengan posisi stir ketika berbelok dengan arah yang tajam atau medan jalan yang terlalu licin.

Dalam kondisi tersebut, mobil yang Anda kendarai mungkin mengalami understeer dan oversteer.

Yang disebut dengan kondisi oversteer adalah ketika kendaraan membelok melebihi arah belokan yang diinginkan si pengemudi.

Hal ini bisa terjadi karena roda belakang kehilangan gaya gesek.

Dalam kondisi yang normal, pengemudi melihat arah jalan lalu menyesuaikan arah mobil dengan jalan menggunakan setir.

Saat fitur ESC atau VSC ini mendeteksi pengemudi kehilangan kontrol mobil, maka ESC akan langsung memberikan yaw moment secara otomatis.

Yaw moment ini akan diberikan berdasarkan perbedaan antara arah stir dari pengemudi dan arah mobil yang sesungguhnya.

Dengan manfaat ini, ESC mampu membantu pengemudi membawa mobil kembali pad jalur yang tepat.

ESC atau VSC ini kini sudah Anda nikmati sebagai salah satu fitur unggulan All New Fortuner.



Mengenal Lebih Dekat Soal Electronic Stability Control (ESC) Pada All New Fortuner Mengenal Lebih Dekat Soal Electronic Stability Control (ESC) Pada All New Fortuner Reviewed by timwuuio on April 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.