Mengenal Transmisi Manumatic Pada Mobil Transmisi Otomatis Toyota




 

Bila ditanya soal jenis-jenis transmisi pada mobil, jawaban yang sering keluar adalah transmisi jenis manual dan otomatis.

Hal ini memang tidak salah karena kedua jenis transmisi tersebutlah yang paling dikenal di kalangan konsumen.

Perkembangan teknologi dari transmisi manual ek otomatis ini suoaya akselerasi dan laju mobil yang diciptakan semakin cepat.

Laju mobil dengan transmisi manual sering mengalami keterlambatan karena pada transmisi manual pengemudi harus menginjak kopling dan baru memindahkan gigi.

Untuk itulah transmisi manual lebih sering digunakan pada mobil balap, kemudian dikembangkan transmisi otomatis sebagai solusi dari kekurangan transmisi manual.

Namun tahukah Anda jika transmisi otomatis ini juga dibagi menjadi dua yakni manumatic dan tiptronic.

Nah, kali ini akan dibahas salah satu jenis transmisi otomatis yaitu manumatic.

Istilah manumatic sendiri berasa dari gabungan kata “manual” dan “automatic”.

Sesuai dengan namanya, transmisi jenis ini diciptakan dengan penggabungan teknologi transmisi manual ke dalam transmisi otomatis.

Sehingga kendaraan roda empat yang menggunakan sistem transmisi manumatic, tidak akan memiliki sistem otomatis seperti motor matic yang hanya tinggal digas dan rem saja.

Intinya, mobil dengan transmisi otomatis jenis manumatic bisa melakukan pemindahan gigi secara manual oleh pengemudi.

Perpindahan gigi tersebut pun harus dilakukan tanpa menginjak kopling.

Sistem transmisi jenis manumatic ini lebih populer di kalangan mobil-mobil modern yang banyak di salah artikan sebagai transmisi otomatis.

Pengemudi bisa mengatur tingkat akselerasi mobil yang dikendarai hanya dengan memindahkan gigi dari rendah ke tinggi berkat adanya sistem manumatic ini.

Dengan adanya sistem manumatic ini Anda juga dapat menambah daya engine braking pada mobil, memindahkan gigi secara cepat agar mobil melaju kencang, dan menurunkan gigi untuk sebagai persiapan untuk menyalip mobil lain.

Anda bisa memindahkan gigi pada mobil dengan sistem manumatic dengan cepat karena tidak perlu menginjak kopling.

Hal ini karena sistem transmisi nya sudah diatur oleh komputer sehingga tidak terasa adanya hentakan yang kasar pada mobil.

Manumatic sendiri memiliki mekanisme perpindahan gigi yang terbagi menjadi dua yakni paddle shifter yang ada pada kebanyakan mobil dan handle yang ada di kemudi seperti pada mobil balap.

Anda tinggal menaikkan dan menurunkan gigi untuk mengontrol laju kendaraannya.
Mengenal Transmisi Manumatic Pada Mobil Transmisi Otomatis Toyota Mengenal Transmisi Manumatic Pada Mobil Transmisi Otomatis Toyota Reviewed by timwuuio on October 10, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.