Ikuti Tips Aman Pasang Audio Di Dalam Mobil Agar Tak Jadi Petaka




 

Menggunakan sistem audio yang berkualitas menjadi salah satu syarat pemasangan audio di dalam sebuah mobil. Karena kualitas audio yang baik akan menghasilkan performa suara yang maksimal di dalam mobil.

Tak heran jika para pecinta modifikasi rela mengeluarkan biaya yang cukup banyak agar bisa menciptakan sebuah sistem audio yang baik pada kendaraannya. Tetapi bila ingin membangun sebuah sistem audio di dalam mobil, hendaknya memperhatikan beberapa hal yang sangat penting.

Bila sampai melakukan proses kesalahan selama pemasangan, Anda tidak akan menghasilkan tata suara yang berkualitas dan justru akan menimbulkan petaka. Berikut ini akan diberikan beberapa tips yang bisa dipraktekkan ketika melakukan proses pemasangan dan instalasi sistem audio di dalam mobil

Kabel

Sistem audio di dalam mobil sudah pasti menggunakan berbagai macam kabel sebagai penyalur daya listrik dari suatu perangkat ke perangkat lain agar bisa bersinergi menghasilkan tata suara berkualitas. Akan tetapi Anda harus memperhatikan baik-baik seluruh kabel yang digunakan dan jangan sampai ada yang terkelupas.

Bila sampai ada kabel yang harus dipotong, maka ujung potongan kabel harus di isolasi dengan rapi supaya tidak terjadi arus pendek di kemudian hari. Selain itu, usahakan untuk menyusun secara rapuh dan usahakan untuk tidak bertumpuk antara satu dengan yang lainnya.

Sumber Listrik

Pengambilan sumber listrik untuk sistem audio kendaraan boleh dari kepala aki positif dan negatif. Anda juga harus memastikan pemasangan kabel audio pada kepala aki dilakukan secara rapi, bisa juga ditambahkan dengan sekring terpisah bila diperlukan.

Sekring Amplifier

Anda wajib memasang power amplifier supaya aki tidak bekerja terlalu berat dan mudah tekor karena penambahan kebutuhan listrik dari sistem audio. Power amplifier ini merupakan piranti elektronik yang tidak membutuhkan daya secara konstan.

Anda harus memperhatikan apakah amplifier disambungkan dengan kabel speaker dan subwoofer dengan baik atau tidak. Pastikan jika sambungan juga sudah ditutup dengan isolasi yang rapi.
Pakai kabel yang sesuai dayanya dan jauhkan kabel signal dan kabel suplay," beber Product Designer dari sebuah perusahaan, Wahyu Tanuwidjaja.

Speaker dan subwoofer

Salah satu langkah paling efektif yang bisa dilakukan supaya kualitas sistem audio di mobil semakin meningkat, Anda bisa menambahkan jumlah speaker dan memasang subwoofer. Namun, perlu diperhatikan bahwa perangkat ini wajib direkatkan ke struktur inti kendaraan secara erat.

"Paling aman dibaut ke bodi jangan pakai double tape, kalau perlu buat dudukan baru yang kaki-kakinya merekat ke bodi," lanjut Wahyu. Diperlukan pula speaker dan box subwoofer yang menempel di bodi ini agar bisa menghindarkan perangkat ‘berterbangan’ ketika mobil mengalami kecelakaan.

"Keselamatan adalah yang utama, kalau hanya pakai isolasi, daya rekatnya akan menurun karena panas dan air. Kalau sudah seperti ini perangkat tersebut bisa mudah lepas ketika mobil mengalami benturan," pesan Wahyu.
Ikuti Tips Aman Pasang Audio Di Dalam Mobil Agar Tak Jadi Petaka Ikuti Tips Aman Pasang Audio Di Dalam Mobil Agar Tak Jadi Petaka Reviewed by timwuuio on July 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.