\
Memahami fungsi dan cara penggunaan fitur
mobil yang dimiliki saja ternyata tidak cukup, masih ada berapa informasi penting
soal teknologi yang ada pada mobil yang harus ketahui.
Salah satunya adalah sistem transmisi mobil
yakni transmisi AT dan CVT ini karena ternyata banyak yang menggunakan mobil
jenis ini tanpa tahu perbedaan keduanya.
Meski terkesan berbeda, kedua jenis sistem
yang ada pada mobil dengan transmisi otomatis ini memiliki tujuan yang sama.
Keduanya berfungsi untuk memberikan Anda
keleluasaan dalam mengendalikan kopling serta persneling transmisi.
Namun, sistem AT dan CVT ini memiliki
prinsip kerja yang jauh berbeda.
Kedua sistem ini juga memiliki keunggulan
serta kelemahan masing-masing. Untuk kali ini, yuk dibahas mengenai sistem
transmisi CVT pada mobil Toyota Camry Hybrid dan Prius Hybrid.
Untuk mobil dengan sistem transmisi
otomatis CVT, digunakan perangkat puli dan sabuk baja sebagai komponen utama
penggerak transmisinya.
Dengan sistem transmisi ini memungkinkan
mobil untuk melakukan perubahan gigi rasio menyesuaikan putaran mesin.
Hal inilah yang membuat perpindahan gigi
sangat halus hingga tak dirasakan oleh pengemudi.
Ditambah lagi, hampir tidak ada hentakan
saat melakukan perpindahan gigi atau jika ada sangat kecil sekali.
Kelebihan lainnya dari sistem transmisi CVT
ini adalah tidak memerlukan RPM tinggi untuk mendapatkan tenaga yang besar.
Namun hanya untuk pemakaian di dalam kota
saja.
Karena RPM mobil cenderung rendah, maka
mobil dengan sistem transmisi otomatis CVT ini jadi semakin irit bahan
bakar.
Salah satu contoh mobil Toyota yang
menggunakan sistem transmisi ini adalah Toyota Prius Hybrid dan All New Camry.
Hebatnya lagi, masalah soal akselerasi yang
kurang responsif tidak akan Anda temukan pada mobil Hybrid dengan sistem
transmisi CVT ini.
Hal ini karena mobil Hybrid seperti Toyota Camry
Hybrid menggunakan motor elektrik bertenaga baterai sehingga akan membantu
mobil untuk berakselerasi.
Mengenal Toyota Camry Hybrid Dengan teknologi Transmisi CVT
Reviewed by timwuuio
on
July 12, 2017
Rating:
No comments: