Mesin ‘GD’, Teknologi Anyar Toyota




Perusahaan raksasa Toyota memang tidak pernah berhenti memberikan inovasi-inovasi baru yang akan membuat para pecintanya makin nyaman dengan kendaraan Toyota.

Toyota pernah membeberkan teknologi ini dalam acara Vienna Motor Symposium. Teknologi ini diberi nama Mesin ‘GD’ dan diterapkan pada beberapa mobil diantaranya yaitu Fortuner dan Innova.

Sebenarnya, seperti apa mesin GD ini dibandingkan dengan mesin Toyota sebelumnya?

‘GD’ adalah perkembangan dari mesin ‘KD’ yang selama ini menjadi dapur pacu Toyota. Mesin ‘KD’ menggunakan mesin diesel sebagai basis utamanya dengan dua macam kapasitas silinder, yang pertama berkapasitas 3.0 liter 1KD-FTV dan yang kedua memiliki kapasitas 2.5 liter 2KD-FTV.

Pada mesin ‘GD’, kedua kapasitas silinder tersebut disusutkan menjadi 2.8 liter GD dan 2.4 liter GD, namun tentu saja mesin ini tidak kalah dengan mesin sebelumnya.

Meskipun kapasitasnya lebih kecil, Toyota yakin dapur pacu anyar ini dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dan kuat. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin GD 2.4L bisa mencapai 160 hp dengan torsi 400 Nm.

Kapasitas silinder yang lebih besar, yakni GD 2.8L mampu menyemburkan tenaga 177 hp dan torsi 450 Nm. Sebagai produsen otomotif yang selalu mengembangkan mesin roda empat, Toyota tak hanya membekali mesin GD dengan tenaga yang lebih besar saja, namun juga dengan pengiritan bahan bakar.

Nah, mesin berkode GD ini mampu memperirit bahan bakar yang digunakan kendaraan. Toyota melengkapi mesin GD dengan Economic with Superior Therma Efficient Combustion (ESTEC).

Tak ketinggalan pula, teknologi variable geometric turbocharger juga ditancapkan pada mesin GD. 

Kedua teknologi tersebut-lah yang berperan memperbesar tenaga serta membuat kendaraan lebih irit bahan bakar.

Mesin ‘GD’, Teknologi Anyar Toyota Mesin ‘GD’, Teknologi Anyar Toyota Reviewed by timwuuio on October 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.