Panduan Servis Rutin Toyota All New Fortuner Sebelum Lebaran




 

Mobil-mobil modern memang dirancang supaya semakin mempermudah aktivitas berkendara tanpa harus melakukan banyak perawatan. Misalnya saja mobil modern dengan transmisi torque converter yang lebih canggih sehingga membuat penggantian olinya semakin jarang.

Toyota All New Fortuner merupakan contoh kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi ini. meski tidak menggunakan teknologi 8-percepatan, Toyota All New Fortuner ternyata tetap memiliki keuntungan berupa penggantian oli yang jarang.

“Penggantian berkala minyak transmisi otomatis di setiap 100 ribu km. Standarnya tidak ada flushing, diganti sejumlah oli yang keluar saja,” terang Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT. Toyota Astra Motor.

Selain itu, oli A/T yang digunakan adalah Toyota Genuine ATF WS, 8,5 liter untuk mesin bensin dan 9,5 liter untuk mesin diesel. Untuk servis rutin, sama dengan produk Toyota lainnya, dijalankan 10 ribu km sekali.

“Jangan lupa servis rutin di bengkel resmi adalah salah satu klausul claim warranty, penting agar pelanggan selalu tahu,” tambah Iwan.

Perlu diketahui jika setiap 10 ribu km, penggantian oli mesin selalu dibarengi filter oli, gasket oli mesin dan balan. Servis besar jatuh di kelipatan 40 ribu km, karena termasuk penggantian oli diferensial sebanyak 3 liter, minyak rem dan oli M/T untuk varian 2.7 SRZ. Nah, bagaimana ya dengan pemeriksaan komponen fast moving seperti sokbreker dan rem?

“Brake pad diperiksa setiap servis berkala kelipatan 10 ribu km, sokbreker juga sama, tetapi tidak dilepas, hanya cek visual dan bouncing-nya saja,” tambah Iwan.
Panduan Servis Rutin Toyota All New Fortuner Sebelum Lebaran Panduan Servis Rutin Toyota All New Fortuner Sebelum Lebaran Reviewed by timwuuio on April 03, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.