Dalam kesempatan
Technology Media Trip di Jepang yang digelar Toyota, Toyota mengungkapkan jika
Asia masih menjadi wilayah yang paling banyak mengalami kecelakaan. Karena hal
inilah, Toyota kemudian memutuskan untuk kembali mengkampanyekan untuk 'Menjadi
Pemimpin Keselamatan', dengan menganjurkan pengemudi dan penumpang untuk
mendorong kepemimpinan proaktif dalam keselamatan lalu lintas dengan memulai
aksi sederhana yaitu menggunakan sabuk pengaman.
"Keselamatan
lalu lintas adalah prioritas utama Toyota. Kami percaya dalam memberikan
kontribusi untuk mewujudkan masyarakat bebas korban kecelakaan lalu
lintas," kata President Toyota Motor Asia Pacific Pte. Ltd., Hiroyuki
Fukui.
"Melalui
kampanye keselamatan kesadaran regional, kami meminta pengemudi dan penumpang
untuk menggunakan sabuk pengaman untuk menjaga mereka dan keluarga mereka
aman," tambahnya.
Hiroyuki
menambahkan, tahun 2016, fokus utama Toyota adalah melawan pola pikir yang
berlaku di masyarakat umum tentang penggunaan sabuk pengaman. Menurut survey
yang dilakukan pada tahun 2014, ketika menggunakan sabuk
pengaman seharusnya dilakukan secara otomatis sebelum perjalanan, masih
banyak orang yang tidak menggunakan sabuk pengaman.
"Lima
alasan teratas tidak menggunakan sabuk pengaman adalah adanya kantung udara di
kendaraan, kepercayaan diri dengan kemampuan mengemudi, perjalanan yang pendek,
hilangnya kenyamanan, dan membuat pakaian kusut. Dengan kampanye edukasi ini,
Toyota berharap untuk memperkuat persepsi bahwa sabuk pengaman melengkapi
kantung udara dan meningkatkan efektivitas," ujarnya.
"Selanjutnya,
sabuk pengaman mengurangi risiko cedera yang fatal sebesar 50 persen untuk
penumpang yang duduk di depan dan 75 persen untuk penumpang yang duduk di
belakang," tambahnya.
Kampanye
keselamatan regional dimulai di tahun 2014 di tengah-tengah tingginya angka
kematian dari kecelakaan lalu lintas, penegakan hukum yang rendah dan rendahnya
kesadaran umum tentang keselamatan yang menjadi isu besar di daerah Asia
Tenggara yang sedang menjalani motorisasi yang cepat.
Di tahun
pertama, Toyota fokus ke tindakan penggunaan sabuk pengaman yang lebih besar.
Di tahun 2015, kampanye dilanjutkan untuk mengingatkan penggunaan sabuk
pengaman dan ditujukan untuk memberdayakan publik dengan pengetahuan untuk
menjadi pemimpin keselamatan.
Toyota berharap
panggilan untuk beraksi ini akan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hal
ini di tahun lainnya, jika budidaya jangka panjang dan penguatan terus menerus
dibutuhkan untuk perubahan perilaku.
Tahun ini,
masyarakat umum diharapkan untuk menjadi pemimpin yang beraksi, dengan asumsi
kepemimpinan proaktif tentang keselamatan lalu lintas dan menyebarkan kata
tentang pentingnya sabuk pengaman di komunitas.
Selain aktivitas
kampanye interaktif online tahun lalu seperti Toyota Seat Selfie App dan
permainan "Go Go Buckle Up", sebuah video kampanye baru diperkenalkan
tahun ini.
Video tersebut
menonjolkan sebuah cerita emosional anak yang mendesak orang tuanya untuk
menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan. Toyota berharap pesan "Belt
On For Every Journey" akan meningkatkan kesadaran bahwa tidak ada alasan
untuk mengabaikan keselamatan seseorang.
Aktivitas-aktivitas
tersebut akan diperluas ke semua negara ASEAN, termasuk India, Pakistan dan
empat negara Asia Barat Daya seperti Bhutan, Bangladesh, Sri Lanka dan Nepal.
Toyota Peringatkan Pentingnya Penggunaan Sabuk Pengaman
Reviewed by timwuuio
on
November 04, 2017
Rating:
No comments: